Sabtu, 18 Oktober 2014

Cara Mengantisipasi Order Yang Berlawanan Dengan Tren

Semua trader pasti pernah mengalami kesalahan order yakni melawan tren karena ketidaktahuan kemana harga akan bergerak.  Lantas apa yang harus dilakukan ketika ada salah satu atau beberapa order kita yang melawan tren? Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi kerugian akibat order yang melawan tren.
  1. Mengatur stoploss untuk meminimalkan kerugian yang lebih besar.
  2. Cut and Relax; cut and relax adalah sebuah metode menutup order yang tanpa pengaturan stoploss dan sedang floating minus cukup banyak, kemudian rehat sejenak untuk menganalisa perkembangan yang ada sambil menata psikologi trading sebelum melakukan order lagi.
  3. Cut and Switch; cut and switch adalah sebuah metode menutup order yang melawan tren yang tanpa pengaturan stoploss dan kemudian membuka order yang mengikuti ren.  Misalnya tren saat ini bearish, sedangkan order kita Buy dan sedang floating minus yang cukup banyak.  Untuk mencegah kerugian yang lebih besar lagi, segera tutup order Buy tersebut dan kemudian segera order Sell.
  4. Order Hedging; order hedging yaitu melakukan order yang berlawanan dengan order yang sedang terbuka dan mengalami floating minus.  Misal: order kita Buy dan sedang floating minus cukup banyak.  Untuk mencegah kerugian yang lebih besar lagi, segera order Sell tanpa menutup order Buy.
  5. Martingale; martingale/marti adalah sebuah metode order dengan melipatkan 2x, 3x,dst. volume trading ketika order sebelumnya mengalami floating minus yang cukup banyak. Misalnya order sebelumnya Buy 0,01 lot dan harga sedang bergerak turun sehingga floating minus cukup banyak, kemudian lakukan order Buy dengan melipatkan lot menjadi 0,02, 0,03, dst.  Harapannya ketika harga berbalik arah, order marti tersebut dapat menutup floating minus order sebelumnya bahkan untung.
  6. Kombinasi antara cut and switch dengan marti, misalnya order pertama buy 0,01 lot dan floating minus cukup banyak, kemudian kita close order buy tersebut dan kemudian order sell dengan volume 0,03 lot.
  7. Kombinasi order hedging dengan marti, misalnya order yang pertama buy 0,01 lot dan floating minus cukup banyak, tanpa menutup order buy sebelumnya kemudian order sell dengan volume 0,03 lot
Masing - masing metode tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan saat diterapkan.  Oleh karenanya kita harus bijak dalam menggunakan lot dengan memperhatikan ketahan point eqity /balance yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar