Jumat, 31 Oktober 2014

Simple Stupid Trading

Metode ini saya sebut sebagai Simple Stupid Trading (SST) karena tidak memerlukan keahlian menganalisa berbagai metode teknikal maupun fundamental.  Tidak perlu memasang berbagai indikator dan tidak perlu memperhatikan news high impact akan direlease.
Bagaimana caranya metode ini bisa menghasilkan profit tanpa kita mempunyai keahlian teknikal atau fundamental?
Caranya sangat mudah.
  1. Syarat menggunakan metode ini harus menggunakan akun bebas swap (free swap) supaya tidak kena swap negatif.
  2. Hitung ketahanan point untuk menentukan volume lot yang digunakan. Misalnya: equity/100000;  contoh:  $1000/100000= 0,01 lot
  3. Lakukan order Buy kemudian order Sell pada harga yang sama. Misal order Buy AUDUSD pada 0,89000, kemudian saat Bid menyentuh harga yang sama 0,89000 lakukan order Sell
  4. Atur take profit masing-masing 100 point
  5. Bila harga naik 100 point lakukan seperti langkah nomor 2 dan 3
  6. Bila harga turun 100 point lakukan seperti langkah nomor 2 dan 3
  7. Langkah nomor 4 dilakukan berulang-ulang bila harga naik setiap kelipatan 100 point
  8. Langkah nomor 5 dilakukan berulang-ulang bila harga turun setiap kelipatan 100 point
  9. Bila salah satu order menyentuh take profit dan harga berbalik arah. Lakukan order yang sama dengan order yang take profit pada harga yang sama.  Misal order Buy pada 0,89000 dan take profit pada 0,89100.  Bila harga berbalik arah pada 0,89000 segera  lakukan order Buy.  Begitu juga sebaliknya bila order Sell yang profit. Jadi intinya selalu ada order hedging order Buy dan order Sell pada harga yang sama, dan juga selalu ada order hedging setiap kelipatan naik/turun 100 point.
Kelebihan metode ini:
  1. Selalu mendapatkan profit baik saat harga naik maupun saat harga turun
  2. Tidak memerlukan keahlian teknikal maupun fundamental, cocok bagi trader baru (newbie) 
Kekurangan metode ini:
  1. Banyak order yang terbuka, solusinya batasi jumlah order bila perlu.
  2. Harus menggunakan expert advisors atau script, sebab kalau menggunakan cara manual kita harus selalu memantau harga di depan monitor dan pasti akan ketinggalan harga saat ada news high impact release, disamping itu mata kita pasti akan cepat lelah.
  3. Selalu ada order Buy di pucuk dan order Sell di dasar
  4. Jika akan withdraw harus rela menutup semua order yang terbuka
NB: Berdasarkan pengalaman saya, untuk akun cent modal minimal $10 atau 1000 cent sudah cukup aman terhadap floating minus asal menggunakan lot 0,01 dan batasi jumlah maksimal order, untuk akun standard modal minimal $1000 sudah cukup aman terhadap floating minus asal menggunakan lot 0,01 dan batasi jumlah maksimal order.  Bila tertarik menggunakan expert advisors dengan metode ini bisa menggunduh disini tapi maaf hanya untuk pair AUDUSD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar